Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini semoga anda para pengunjung bisa mendapatkan manfaat dari blog ini.

11.24.2009

Mendiagnosa Penyakit Lewat Air Ludah

Nurul Ulfah - detikHealth

Jakarta, Tak perlu repot-repot melakukan tes darah, kini seseorang bisa mengetahui penyakit yang ada di tubuhnya hanya dengan air ludah. Peneliti saat ini sedang mengembangkan diagnosa penyakit melalui air liur. Protein yang ada dalam air ludah merupakan kuncinya.

Menurut peneliti, dalam air ludah manusia terkandung beberapa protein yang berperan penting dalam proses pencernaan, melawan penyakit dan proses-proses lainnya. Peneliti akhirnya mencoba menggunakan protein air ludah itu untuk mengembangkan tes saliva sebagai cara cepat untuk mendiagnosa penyakit.

Seiring bertambahnya usia, kandungan protein dalam air liur akan berubah. Hal ini memudahkan peneliti untuk mengetahui dan mengobati suatu penyakit, terutama yang berhubungan dengan penyakit-penyakit penuaan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research itu mengharuskan peneliti untuk mengumpulkan dan mencari informasi rinci dan sebanyak-banyaknya tentang protein-protein dalam air liur yang berhubungan dengan suatu penyakit tertentu.

Dalam studinya, peneliti dari Scripps Research Institute, La Jolla, California menganalisis protein air liur pada dua grup wanita, yaitu wanita berumur 20-30 tahun dan 55-65 tahun. Peneliti berhasil mengidentifikasi 293 protein air liur yang berbeda dari 2 grup tersebut.

"Kebanyakan protein berperan dalam sistem imun untuk melawan infeksi penyakit. Wanita dari grup yang lebih tua diketahui memiliki sistem imun tubuh dua kali lipat dibanding wanita yang lebih muda," ujar seorang peneliti seperti dikutip dari Healthday, Rabu (25/11/2009).

Penemuan ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui karakterisitik protein air ludah yang spesifik untuk suatu penyakit atau yang disebut dengan 'disease-specific biomarkers'.

(fah/ir)

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online